Star Lifecycle Model (Hartson & Hix, 1989; p.52)
Penjelasan
Dalam Siklus permodelan ini pengujian dilakukan terus
menerus, tidak harus dikahir. Misalnya dimulai dari menentukan kosep desain
(conceptual design ) dalam proses ini akan langsung terjadi evaluasi untuk
langsung ternilai apakah sudah sesuai dengan kebutuhan user, bila belum maka
akan terus berulang di evaluasi hingga benar-benar pas, selanjutnya apabila
sudah sesuai, maka dari tahap evaluasi yang pertama akan lanjut ke proses yang
selanjutnya yaitu requirements/specification dimana di lakukan pemverifikasikan persyaratan
rancangan tersebut, dan pada tahap itu juga langsung terjadi pengevaluasian
seperti tahap pertama, dan selanjutnya akan tetap sama terjadi pada
tahapan-tahapan selanjutnya yaitu task analysis/fungsion analysis,
pengimplementasian, prototyping hingga pada akhirnya terciptalah sebuah
aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan user. Intinya pada rancangan model ini
pengevaluasian dilakukan disetiap tahapan tidak hanya pada tahapan akhir
seperti model-model rancangan yang lainnya.
Tahapan
a)
Analisa
Identifikasi kemampuan user, strategi yang digunakan untuk meningkatkan ketrampilannya, alat yang saat ini dipakai, masalah-masalah yang dialami, perubahan yang diinginkan baik dalam ketrampilan maupun peralatan.
Metode : tanya kemampuan user dan buat daftar dengan skala prioritas, observasi ketrampilan di lapangan.
Identifikasi kemampuan user, strategi yang digunakan untuk meningkatkan ketrampilannya, alat yang saat ini dipakai, masalah-masalah yang dialami, perubahan yang diinginkan baik dalam ketrampilan maupun peralatan.
Metode : tanya kemampuan user dan buat daftar dengan skala prioritas, observasi ketrampilan di lapangan.
b)
Evaluasi kompetisi
Tentukan kekuatan dan
kelemahan rancangan Metode : pengguna diminta untuk mencoba menggunakan berbagi produk dan
minta untuk menyebutkan kelebihan dan kelemahan dari masing-masing
produk.
c) Rancang sambil jalan Gunakan
hasil analisa untuk membuat alternatif solusi, minta masukan sampai dengan
penentuan pilihan yang terbaik.
Metode : tanyai user sehubungan dengan pengalaman menggunakan prototipe.
Metode : tanyai user sehubungan dengan pengalaman menggunakan prototipe.
d)
Evaluasi dan validasi Secara
periodik user memberikan masukan selama pengembangan dan perancangan akan
diulang berdasarkan masukan tadi.
Metode : amati kebutuhan pokok user dalam menggunakan sistem.
Metode : amati kebutuhan pokok user dalam menggunakan sistem.
e) Benchmark
Memadukan hal-hal terbaik yang dimiliki pesaing untuk diterapkan dalam sistem yang dibangun Metode : menggali informasi dari user hal-hal yang sebaiknya ada dibandingkan dengan kompetitor, contoh : situs IBM.
SUMBER
http://kumonoraifu.blogspot.com/2015/11/model-siklus-hidup-software.html
Memadukan hal-hal terbaik yang dimiliki pesaing untuk diterapkan dalam sistem yang dibangun Metode : menggali informasi dari user hal-hal yang sebaiknya ada dibandingkan dengan kompetitor, contoh : situs IBM.
SUMBER
http://kumonoraifu.blogspot.com/2015/11/model-siklus-hidup-software.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar